Diversifikasi Usaha

Rasional:

Saat ini harus diakui bahwa pengembangan UNIPA Surabaya akan terasa berat jika hanya mengandalkan sumber dana dari mahasiswa. UNIPA Surabaya saat ini sudah membutuhkan sumber dana lain yang konsisten dan dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi usaha baik di bidang pendidikan dan non pendidikan.

Bidang usaha yang berasal dari pendidikan dapat dilakukan dengan melahirkan program studi baru yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat, atau dengan mengembangkan usaha yang berasal dari bengkel/laboratorium masing-masing program studi yang dimiliki oleh UNIPA Surabaya. Setidaknya, usaha profit yang dilakukan oleh masing-masing program studi nantinya bisa mendukung biaya operasional program studi.

Bidang usaha non pendidikan bisa dilakukan dengan membuat kantin terpadu atau yang lainnya. Kantin terpadu ini bisa berisi makanan yang murah, sehat dan terjangkau harganya. Kantin ini juga dilengkapi dengan gerai-gerai yang dikelola oleh masyarakat atau mahasiswa, dimana gerai-gerai ini bisa berisi karya mahasiswa, persewaan computer, percetakan dan lain-lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa.